20.6.14

EMV (Europay Mastercard and Visa)

Masih dalam dunia perbankan . Kali ini akan membahas tentang EMV. Apa itu EMV?? Yuk Simak .


EMV atau Europay Mastercard and Visa merupakan suatu teknologi chip yang diharapkan bisa mengurangi tingkat fraud kartu kredit. Teknologi ini sudah dikenalkan di Indonesia sejak tahun 2010. Jadi chip membuat data lebih sulit untuk dicuri secara langsung karena tingkat kesulitannya yang tinggi. Berbeda dengan teknologi pita magnet yang lebih mudah diambil dtanya melalui skimmer.


Kartu kredit atau debit yang sudah dilengkapi dengan chip yang mengharuskan penggunanya memasukkan kartu ke dalam mesin EDC atau jamak disebut dip. Sedangkan metode gesek disebut dengan swipe.


Menurut sumbernya EMV di klaim lebih aman karena memungkinkan bagi bank penerbit kartu untuk memasukkan kode tertentu sebagai pengaman kartu. Teknlogi yang dipakai pun terhitung masih jarang. Kalaupun ada, harganya masih terhitung tinggi sehingga juga menyulitkan pelaku kejahatan kartu kredit.


Bank Indonesia menargetkan semua bank di Indonesia sudah menggunakan teknologi chip EMV ini pada tahun 2016 karena Indonesia termasuk negara dengan tingkat fraud kartu kredit yang tinggi. 


Teknologi seperti inilah yang sangat ditunggu – tunggu oleh para nasabah di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan tingkat kejahatan kartu kredit yang masih begitu tinggi di Indonesia kartu ini dapat membantu mengurangi tindakan kejahatan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar