8.1.12

MANAJEMEN STRESS

A. Pengertian Stress.

Manajemen stres adalah kemampuan penggunaan sumber daya (manusia) secara efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan (respon). Tujuan dari manajemen stres itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas hidup individu itu agar menjadi lebih baik. (id.wikipedia.org)

Saya lebih senang menyebut Manajemen stres adalah kecakapan menghadapi tantangan dengan cara mengendalikan tanggapan secara proporsional.•

- Stres adalah reaksi dari tubuh (respon) terhadap lingkungan yang dapat memproteksi diri kita dan bagian dari sistem pertahahan yang membuat kita tetap hidup. (Erica , all-about-stress.com)•

- Stres sudah ada sejak kita dalam kandungan dan tak pernah lepas dari kehidupan kita

Oleh Karenanya sangat menjadi penting untuk kita mengenali sumber stress dan kelolalah stres tersebut

B. Macam – Macam Stress.

a.Stres fisik, disebabkan oleh suhu atau temperatur yang terlalu tinggi ataurendah, suara amat bising, sinar yang terlalu terang, atau tersengat arus listrik.

b.Stres kimiawi, disebabkan oleh asam-basa kuat, obat-obatan, zat beracun,hormone, atau gas.

c.Stres mikrobiologik, disebabkan oleh virus, bakteri, atau parasit yangmenimbulkan penyakit.

d.Stres fisiologik, disebabkan oleh gangguan struktur, fungsi jaringan, organ,atau sistemik sehingga menimbulkan fungsi tubuh tidak normal.

e.Stres proses pertumbuhan dan perkembangan, disebabkan oleh gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada masa bayi hingga tua.

f.Stres psikis/ emosional, disebabkan oleh gangguan hubungan interpersonal,sosial, budaya, atau keagamaan

C. Sumber Stress.

Ada 3 sumber utama bagi stress, yaitu :

1. Lingkungan

Lingkungan kehidupan memberi berbagai tuntutan penyesuaian diri,diantaranya :

a.Cuaca, kebisingan, kepadatan,

b.Tekanan waktu, standard prestasi, berbagai ancaman terhadap rasaaman dan harga diri

c.Tuntutan hubungan antar pribadi, penyesuaian diri dengan teman, pasangan, dan perubahan keluarga.

2. Fisiologik ~ dari tubuh kita seperti antara lain :

a. Perubahan kondisi tubuh: masa remaja, haid, hamil, meno/andropause, proses menua, kecelakaan, kurang gizi, kurang tidur >tekanan terhadaptubuh.

b. Reaksi tubuh : reaksi terhadap ancaman dan perubahan lingkunganmengakibatkan perubahan pada tubuh kita, menimbulkan stress.

3. Pikiran kita ~ pemaknaan diri dan lingkungan.

Pikiran menginterpretasi dan menerjemahkan pengalaman perubahan danmenentukan kapan menekan tombol panik. Bagaimana kita memberi maknaatau label pada pengalaman dan antisipasi ke depan, bisa membuat kita relaxatau stress.

D. Cara mengatasi Stress.

1. Ringkasan Penilaian Diri

Mengidentifikasi tanda-tanda dan gejala-gejala yang muncul dari aktivitasrespon stres anda akan membantu anda memonitor reaksi anda terhadap tuntutandan tekanan yang akan dihadapi. Tanda-tanda dan gejala ini menjadi indikator bagi anda untuk mengatasinya. Gunakan ini sebagai alat untuk merefleksikan apa yang mungkin menjadi penyebab stres anda.

2. Mengembangkan Kemampuan Antisipasi Masalah

Didalam bekerja kita mengukur apa yang terjadi selanjutnya dan bebandan tuntutan apa yang menyebabkan stres bagi anda. dari pengalaman kerja anda dapat melakukan antisipasi untuk engatasi masalah anda.

Selanjutnya andaharus menyusun rencana untuk mengatasi setiap masalah denganmempertimbangkan akibat yang diterima dari tuntutan.

3.Mengubah Tuntutan

Mengubah tuntutan dapat dilakukan dengan mengurangi tuntutan ataumeningkatkan tuntutan. Hal ini dilakukan berdasarkan pengalaman-pengalamanterdahulu yang menyebabkan anda stres.


DAFTAR PUSTAKA

1. http://www.scribd.com/doc/15962943/MANAJEMEN-STRESS

2. http://www.scribd.com/doc/30270598/Konsep-Stres-Dan-Manajemen-Stres

3. http://satmanewati05127101-mozilagoogle.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii

    BalasHapus