3.4.14

CHIPKNIP

Hai.. hai .. 

Sebelum membaca, persiapkan diri dulu, duduk manis dan secangkir teh / kopinya jangan lupa. :D

Masih berhubungan dengan Teknologi terbaru Perbankan, kali ini saya akan membahasa tentang chipknip. Dimana perkembangan teknologi informasi (TI) terus tumbuh begitu cepat. Hampir di setiap sektor kehidupan membutuhkan TI sebagai tools yang dapat mempermudah aktivitas sehari-hari. Tak terkecuali sektor perbankan.

Sudah cukup intronya, kini masuk kepembahasan Chipknip. Chipknip ini merupakan sistem elektronik debet yang terdapat di beberapa media pembayaran di Belanda. Sistem ini harus compatible dengan kartu ATM, karena kartu ATM lah yang menjadi pengakses sistem ini. Kartu ATM bank yang terdapat di Belanda telah menggunakan teknologi Chip di dalamnya dan berfungsi sebagai Chipknip, sehingga kartu ATM tersebut layaknya Smart Card atau Electronic Money (E-Money).

Untuk dapat menggunakan Chipknip, terlebih dahulu nasabah harus melakukan pengisian dana (top up) Chipknip pada kartu ATM-nya di terminal Chipknip yang terdapat di samping terminal ATM bank yang terdapat di Belanda. Jumlah nominal pengisian dana yang akan digunakan untuk Chipknip terbatas, karena Chipknip memang hanya digunakan untuk transaksi retail kecil. Setelah dana untuk Chipknip sudah cukup, barulah kita bisa bertransaksi di berbagai titik pembayaran, seperti restoran, parkir, toko, minimarket, telepon umum dan sebagainya. Kita hanya tinggal memasukkan kartu ATM kita pada mesin ATM kasir dan otomatis sistem Chipknip pada mesin tersebut akan membaca kartu kita dan mendebet sesuai dengan jumlah nominal transaksi yang dilakukan. Dan setiap bertransaksi dengan Chipknip tidak perlu memasukkan password. 

Mantab …. !!!

Sebetulnya teknologi Chipknip ini sama dengan sistem Smart Card / E-Money yang ada di Indonesia, seperti kartu Flazz BCA, E-Toll Mandiri atau Jakcard Bank DKI yang dikembangkan pada pertengahan tahun 2000an. Namun yang membedakan adalah Chipknip merupakan teknologi yang ‘ditanam’ pada kartu debet / ATM bank di Belanda, dimana hal tersebut belum dapat dilakukan di Indonesia.

Dalam hal ini kemajuan teknologi informasi sangat berpengaruh sekali dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi, apalagi dalam dunia perbankan. Karena kebutuhan itulah muncul teknologi – teknologi baru salah satunya adalah Chipknip. Dimana dalam teknologi ini terdapat beberapa kelebihan yang diberikan dalam teknologi ini yang sangat membantu sekali nasabah dalam melakukan transaksi dalam jumlah retail yang kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar