29.1.12

PELAJARAN DARI ALAM


Banyak orang yang tidak tahu, bahwa alam sesungguhnya menyimpan seribu bahkan sejuta pelajaran.


Beberapa di antaranya adalah;


Dari sungai kita dapat belajar bahwa kehidupan di dunia itu selalu maju kedepan dan tidak akan pernah mundur kembali, oleh karenu itu kita harus sungguh – sungguh dalam menjalani kehidupan di dunia agar kita tidak akan menyesal di akhir kelak.


Dari langit kita dapat belajar bahwa kehidupan di dunia itu selau berubah dan tidak akan pernah berhenti, oleh karena itu sebagai manusia kita harus siap akan perubahan – perubahan yang terjadi pada dunia ini.


Dari pohon kita dapat belajar bahwa sesungguhnya kehidupan di dunia ini tidak ada yang abadi, karena walau pun pohon itu dapat tumbuh menjadi besar dan tinggi tetap saja jika umurnya sudah tua dan lapuk, ketika ada angin kencang yang menghembuskannya pasti pohon itu akan tumbang. Jadi seberapapun besar dan tingginya jabatan kita di dunia ini, pasti umur tua akan menghampiri kita dan tidak lama kita akan kembali kepada Yang Maha Kuasa.


Kemudian dari matahari kita dapat belajar tentang kedermawanan dan keikhlasn, yang dimana setiap harinya dia selalu memberikan energinya untuk kehidupan di dunia tanpa meminta sedikit pun imbalan dari makhluk yang ada di dunia ini.


Lalu dari karang kita dapat belajar tentang sebuah kegigihan dan keteguhan hati. Walaupun sekuat apapun ombak menerjangnya dia tetap saja kuat untuk menghadangnya. Oleh karena itu sebagai manusia kita harus kuat dan tabah dalam menghadapi segala rintangan dan cobaan yang di berikan Tuhan untuk kita.


Dan semua pelajaran di atas henyalah sebagian kecil dari alam yang dapat kita ambil hikmahnya



( Riski Nugroho Putra)


Sumber gambar : gen22.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar